Berjualan Online Tanpa Memiliki Situs Toko Online Sendiri – Bisakah?

Rabu, 28 Juni 2017

Berjubel toko online baru yang muncul setiap harinya dengan produk, layanan dan jasa yang berbeda-beda. Pada akhirnya ada seorang penjual yang ingin meningkatkan jumlah penjualan dengan membuat toko online, namun ada pula seseorang yang memang sengaja berdagang dari online saja.

Persaingan ranking setiap toko online akhirnya semakin ketat, namun sekaligus menjadi keuntungan para buyer karena mereka akan mendapatkan banyak sekali pilihan mana toko online yang paling bagus kualitas pelayanan dan produknya. Seakan-akan berjualan online selalu identik dengan situs toko online, pada tidak demikian adanya. Ya, benar saja memang, Anda bisa saja tetap berjualan online tanpa harus membuat  situs sendiri.

Inilah beberapa alasan mengapa ada saja pedagang online yang masih belum mau membuat situs sendiri:

1. Biaya hosting

Dengan membuat situs toko online sendiri berarti harus mengeluarkan dana untuk hosting, biaya web desain dan lain-lain. Beberapa orang menganggap biaya pembuatan situs website tergolong masih mahal meskipun sudah banyak tersedia layanan pembuatan website dengan biaya termurah. Konsekuensinya adalah fitur serta desain yang biasa-biasa saja.  Alasan ini masih menjadi alasan yang paling banyak diutarakan para pedagang online yang belum memiliki halaman web sendiri.

2. Produk belum banyak


Alasan kedua mungkin adalah ketersediaan produk yang masih belum banyak. Ya, memang masuk akal juga ketika produk yang dijual masih sedikit namun sudah memiliki toko online, membuat situs seperti kosong atau longgar. Semisal dengan dua atau tiga produk, apakah harus dibuat katalog? Ada banyak pedagang online yang ingin perbanyak produk dahulu baru membuat toko online. Tetapi bukan berarti produk sedikit dilarang membuat toko online, toh ada banyak toko online resmi yang ternyata hanya menjual satu produk.

3. Penjualan sudah maksimal dengan layanan lain

Sudah sukses tanpa harus memiliki toko online? Berarti Anda menjadi pebisnis online yang begitu hebat. Memang tidak jarang pedagang online yang tidak memerlukan situs sendiri karena tanpa penggunaan halaman hosting sendiri sudah memiliki omset yang besar. Mungkin sudah memanfaatkan situs jual beli, forum atau media sosial. Namun sebenarnya langkah tersebut jangan ditiru, karena bagaimana pun juga ketika omset sudah banyak , dengan membangun toko online sendiri menjadi kesempatan Anda untuk semakin memperbanyak omset penjualan.

Mungkin ada beberapa alasan lain selain alasan diatas. Lalu bagaimanakah caranya seorang pedagang online mendapatkan laba penjualan tanpa harus menggunakan situs toko online sendiri?

4. Manfaatkan sosial media


Sudah menjadi hal yang lumrah ketika belum memiliki situs sendiri, seorang pedagang mendapatkan kemudahan penjualan melalui sosial media. Ada Facebook, Twitter, instagram dan media sosial lain yang akhirnya menjadi fasilitas paling mudah untuk berjualan. Terkadang situs toko online mengharuskan calon buyer menghubungi nomor kontak person pedagang. Kemudahan pada media sosial adalah komunikasi langsung, tanpa harus meminto nomor kontak. Mungkin Anda memposting foto produk, dan calon pembeli bisa langsung bertanya lewat fitur komentar maupun pesan pribadi.

5. Situs jual beli

Membuka lapakan online lewat situs jual beli adalah cara terpopuler selanjutnya berjualan online tanpa membuat situs sendiri.Tentu  sudah banyak pilihan bukan mana situs jual beli yang bisa dimanfaatkan? Anda bisa memposting gambar produk, menempatkan kategori yang benar, menuliskan deskripsi dan spesifikasi produk serta menuliskan harga. Namun jangan lupa untuk menuliskan nomor kontak karena situs jual beli kebanyakan hanya sebagai fasilitas penghubung antar penjual dan pembeli saja. Selanjutnya komunikasi bisa secara langsung.

6. Layanan messenger


Layanan messenger menggunakan jaringan internet, jadi ketika Anda berdagang memanfaatkan layanan tersebut termasuk pula sebagai berdagang online. Layanan messenger bersifat privat, dan integrasi antar kontak tentunya harus melalui persetujuan kedua belah pihak. Marketing menggunakan layanan messenger pada akhirnya cukup jitu karena lebih tertarget. Ada banyak layanan yang  bisa Anda gunakan seperti BBM, WhatsApp, Line dan layanan messenger populer lainnya.

Jadi berjualan online tidak harus membuat toko online, meski lebih baik Anda membuat toko online.



Juni 28, 2017