6 Cara Sukses Usaha Jualan Bakso dalam Waktu Relatif Singkat

Kamis, 29 Juni 2017

Cara Sukses Usaha Jualan Bakso - Semua orang pasti kenal dengan bakso? Kuliner ini merupakan makanan yang terbuat dari daging yang diolah sedemikian rupa dan berbentuk bulat yang disiram dengan kuah gurih yang panas. Seringkali bakso disajikan bersama mie, tahu, siomay, atau gorengan. Wuiih nikmat rasanya.

Bakso sudah sangat familiar dengan masyarakat Indonesia, dan hampir semua daerah di Indonesia mengenal makanan gurih yang satu ini. Bisnis jualan bakso pun sudah sangat banyak dan menjamur di Indonesia, bahkan banyak bisnis kuliner memasukkan bakso sebagai menu makanannya.

Persaingan bisnis bakso pun saat ini sudah cukup ketat, khususnya bagi pemula yang ingin berjualan bakso. Rata-rata masyarakat sudah punya tempat favorit untuk makan bakso. Hal ini karena berbagai alasan, misalnya harga yang murah, cita rasa yang khas atau lokasi yang nyaman.

Hal ini bisa menjadi tantangan bagi penjual bakso pemula yang akan kesulitan menemukan pelanggan. Nah bagi Anda yang ingin tahu cara sukses usaha bakso, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini:

Cara Sukses Usaha Jualan Bakso dengan Cepat


1. Menentukan Lokasi Tempat Berjualan

Banyak yang bilang lokasi sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis, termasuk usaha jualan bakso. Pilihlah tempat usaha yang strategis yang membuat pelanggan lebih mudah menemukan usaha Anda.

Misalnya Anda ingin membuka warung baksu di pasar, tentunya akan lebih laris bila dibandingkan berjualan di tempat yang jarang orang lewat. Memang lokasi usaha bisa berpengaruh pada kesuksesan, tapi bila Anda ingin berjualan secara keliling maka lewatilah lokasi yang ramai agar mudah di temukan.

2. Harga Bersaing, Konsumen Puas

Harga jual semangkus bakso bisa berpengaruh juga lho karena bisa menentukan minat konsumen untuk membeli bakso di warung Anda. Ada orang yang beranggapan bila bakso yang dijual terlalu murah pasti memiliki cita rasa yang biasa-biasa atau bahkan kurang enak.

Karena itu jangan menjual bakso dengan harga yang terlalu murah. Murah boleh tapi Anda juga harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Harganya boleh bersaing, tapi kepuasan konsumen adalah yang terpenting.

3. Promosi Usaha yang Tepat Sasaran

Mempromosikan bisnis jualan bakso anda tidak sembarang promosi, selalu gunakan promosi yang efektif agar tepat sasaran.Sebenarnya promosi tidak harus mengeluarkan banyak dana, Anda bisa promosi dengan biaya yang kecil tapi tepat sasaran.

Salah satu caranya adalah memasang banner/ spanduk dengan warna yang menarik perhatian. Selain itu, promosi terbaik adalah melalui mulut ke mulut. Jadi kembali lagi ke masalah rasa bakso Anda dan juga pelayanan bisnis jualan bakso Anda.


4. Nama Usaha Bakso yang Unik

Nama yang unik dan mudah diingat akan membantu meningkatkan jumlah konsumen bisnis jualan bakso Anda. Misalnya Anda memberikan nama usaha bakso Anda dengan Bakso Pak Kumis, atau Bakso Internet karena menawarkan free wifi.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik akan memberikan kesan kepada pelanggan, dan pada akhirnya mereka ingin kembali lagi ke tempat usaha bakso Anda. Selain rasa bakso yang enak, pelayanan yang ramah juga menjadi salah satu cara sukses usaha jualan bakso.

Pelayanan terbaik ini termasuk diantaranya; keramahan, senyum pada konsumen, tutur bahasa yang baik, kecepatan pelayanan, dan tentunya rasa bakso yang enak.

6. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah hal yang mutlak bagi sebuah usaha kuliner, termasuk usaha jualan bakso. Walaupun makanan yang Anda sajikan rasanya enak, tapi bila tidak menjaga kebersihan tempat usaha Anda maka kemungkinan besar usaha jualan bakso Anda akan ditinggalkan konsumen.

Di atas tadi adalah beberapa cara sukses usaha jualan bakso yang bisa Anda lakukan. Bisnis apapun itu pasti butuh persiapan, termasuk usaha jualan bakso. Jangan terlalu terburu-buru buka usaha, tanpa ada persiapan sama sekali.

Semoga bermanfaat.



Juni 29, 2017